Kamis, 21 Oktober 2010

perbedaan laptop dengan notebook

Beberapa waktu yang lalu, ada customer yang mempertanyakan beda antara laptop dan notebook. Menurut dia, laptop itu ukuran besar sementara notebook itu ukuran mini. Trus anggapan mereka yang mini itu tak sehebat yang bukan mini. Waktu bertanya kepada saya, ya saya langsung berusaha utak utik istilah itu. Saya bilang ya laptop dan notebook itu hanya istilah saja. Beberapa suka menyebutnya sebagai laptop, sementara beberapa yang lain suka dengan sebutan notebook. Tentu saja hal ini tak lantas membuat mereka puas.
Saya bilang, nanti saya beri jawaban yang tepat bedanya laptop dan notebook.
Sepintas dari istilahnya sebenarnya sudah bisa menjawab kebingungan ini. Lap dalam bahasa inggris artinya pangkuan dan top itu artinya di atas. Maka laptop bisa diartikan di atas pangkuan. Yach, katakan saja bahwa sesuatu itu diletakkan di atas pangkuan. Sementara Notebook itu dalam bahasa inggris berarti catatan buku. Sesuatu yang mau member penjelasan yang lebih terperinci.
Tak puas dengan utak utik istilah, terlintas untuk mencari tahu pada search engine google yang terkenal sebagai pemberi jawab yang jitu untuk abad ini. Nah dari banyak penjelasan yang ada di sana, bisa disarikan begini :
Kita pasti mengenal computer (yang antara monitor dan CPU terpisah) yang kemudian disebut desktop. Desktop berasal dari kata Desk (meja) dan Top (atas) yang berarti komputer yang diletakkan di atas meja. Sedangkan laptop sendiri gabungan dari dua kata, Lap yang berarti pangkuan dan Top yang artinya atas, yang berarti komputer yang diletakkan diatas pangkuan.
Selanjutnya, pada perkembangannya entah karena alasan capek memangku atau karena rasa panas yang keluar dari laptop, orang tidak nyaman meletakkan laptop di atas pangkuan. Tapi top kebutuhan untuk bekerja menggunakan laptop tak selamanya menyediakan meja. Jaman berkembang, pasar menciptakan solusi untuk kesulitan tersebut. Muncullah laptop dengan ukuran lebih kecil dan lebih ringan. Sebenarnya kalau dicermati ringannya itu karena memangkas keberadaan DVD room, dan bukan yang lain. Malahan sekarang kita bisa mendapatkan notebook yang kemampuannya tak kalah dengan laptop.
Jadi, sebenarnya laptop dan notebook itu tidak ada bedanya. Perbedaannya harus diperbandingkan dengan computer yang diletakkan di atas meja (desktop). Laptop dan notebook sama-sama computer yang bisa dengan mudah dibawa kemana mana (mobile).
Begitu penjelasannya. Kadang memang kalau tidak jeli kita menjadi kehilangan jawaban yang tepat. Tapi di atas semua itu, pertanyaan seringkali membuat orang termotivasi untuk belajar lebih banyak lagi. Jadi trima kasih untuk mereka yang mau bertanya karena jawaban tak mungkin muncul tanpa adanya pertanyaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar